Sabtu, 04 Juni 2016

Terjemah I'anatut thalibin 3

فلما كرروا علي الطلب توسلت بسيد العجم والعرب فجاءت البشارة بالإشارة وشرعت في التجريد والجمع مستعينا بالملك الوهاب وملتمسا منه التوفيق وللصواب رجاء أن يكون تذكرة لي وللأحباب
Maka semasa sahabat bolak balik meminta padaku, aku tawasul pada nabi Muhammad yang menjadi penghulu orang ajam dan arab, kemudian datang isyarah kegembira'an, aku memulai  dengan tajrid dan jam'i, mohon pertolongan pada Alloh yang merajai dan mohon taupik dan kebenaran, mengharapkan pada adanya kitab syarah jadi pengingat buatku dan pada tiap kekasih
  وأن ينفعني به والأصحاب فالله هو المرجو لتحقيق رجاء الراجين وإنجاح حاجات المحتاجين
Dengan syarah semoga Alloh memberikan manfaat padaku dan shobat, maka Alloh adalah yang di harapkan untuk menyatakan harapan yang mengharap dan terpenuhinya hajat tiap hajat orang yang hajat
وسميته إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين
Aku namai syarah  i'anatut thalibin untuk membongkar lafad fathul mu'in
واعلم أيها الواقف على الجمع المذكور أنه ليس لي فيه إلا النقل من كلام الجمهور والإتيان في ذلك بالشيء المقدور
Dan ketahuilah hai orang yang berhenti pada semua yang disebut sesungguhnya tidak ada padaku dalam syarah selainnukil dari kalam jumhur dan medatangkan perkara yang di taqdirkan
فالميسور كما قيل لا يسقط بالمعسور
Memudahkan seperti perkara yang di katakan tidak menggugurkan kesulitan
وأن عمدتي في ذلك التحفة وفتح الجواد شرح الإرشاد والنهاية وشرح الروض وشرح المنهج وحواشي ابن قاسم وحواشي الشيخ علي الشبراملسي وحواشي البجيرمي وغير ذلك من كتب المتأخرين

Dsn sesungguhnya umdahku dalam syarah ini dari kitab tuhfah, fathul jawad, syarah irsyad, nihayah, syarah raod, syarah minhaj, hawasi ibnu qosim, hawasi syekh aly syibromalisi, hawasyi bujayrimy, dan selain dari kitab ulama muta'akhiryn
  وكثيرا ما أترك العزو خوفا من التطويل ثم ما رأيته من صواب في أي مطلب فهو من تحرير الأئمة أهل المذهب وما رأيته من خطأ فمن تخليط حصل مني أو وهم صدر من سوء فهمي فالمسؤول ممن عثر على شيء من الخلل أن يصلحه ويسامح فيما قد يظهر من الزلل وما احسن ما قيل

Dan banyak perkara yang aku tinggalkan karna sangat takut dari memanjangkanya, kemudian perkara yang kamu lihat dari mathlub yang benar maka itu adalah dari penjelasan para imam ahli madzhab, dan perkara yang kamu lihat dari kesalahan maka itu dari hasil campuran ku atau duga'an  yang keluar dari kejelekan duga'anku, maka yang diminta itu tetap dari orang yang membukakan dari kecacadan, yaitu orang yang membenarkan, dan orang yang mema'afkan dari perkara yang terkadang jelas itu perkara dari kesalahan, dan sangat bagusnya perkara yang di ucapkan

وإن تجد عيبا فسد الخلل * ا فجل من لا عيب فيه وعلا

Dan kalau kamu menemukan aib maka harus kamu tutupi * maka agung siapa orang yang ga punya aib dan tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar