Kamis, 09 Juni 2016

I'anatut thalibin 6

ويشتق منه أبتر أو أقطع أو أجذم بمعنى ناقص نقصا معنويا  فإن قلت بين الحديثين تعارض لأنه إن عمل بحديث البسملة فات العمل بحديث الحمدلة وإن عمل بحديث الحمدلة فات العمل بالآخر  قلت قد ذكر العلماء لدفع التعارض أوجها كثيرة فمن جملتها أن الابتداء قسمان حقيقي وإضافي أي نسبي
Dan dimustak dari Naqsu lafadz Abtar atau Aqtho atau Ajdam dengan makna kurang dengan kurang sesungguhnya yang bangsa ma'nawy, maka kalau kamu berkata diantara dua hadist maka berlawanan hadist karna sesungguhnya kaalau orang mengamalkan pada hadist basmalah maka gugur dengan mengamalkan pada hadist hamdalah, dan kalau mengamalkan hadist hamdalah maka hilang mengamalkan yang lain, aku menjawab sesungguhnya menutur ulama dengan menolak yang berlawanan pada kebanyakan wajah (jalan), maka tetap dari jumlah sesungguhnya Ibtida' 2 bagian, ibtida' haqyqy dan Ibtyda' i'dhofy (nasaby)
والأول هو ما تقدم أمام المقصود ولم يسبقه شيء والإضافي ما تقدم أمام المقصود وإن سبقه شيء
Yang pertama yaitu perkara yang mendahului pada depannya maksud dan tidak mendahului perkara satu perkara, dan i'dhofy itu yang mendahului perkara pada depannya maksud walaupun mendahului pada perkara satu perkara
وقال عبد الحكيم إنه يشترط في الإضافي أن يسبقه شيء وحمل حديث البسملة على الأول والحمدلة على الثاني تأسيا بالكتاب العزيز وعملا بالإجماع
Berkata a'bdul hakim sesungguhnya di syaratkan dalam ibtyda i'dofy sesungguhnya mendahului pada idofy suatu perkara, dan di mahmulkan hadist basmalah pada yang pertama dan hadist hamdalah pada yang kedua karna mengikuti pada kitab a'zyz (qur'an) dan mengamalkan pada ijma ulama
  واعلم أنه جاء في فضل البسملة أحاديث كثيرة غير الحديث المتقدم روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال أول ما كتب القلم بسم الله الرحمن الرحيم فإذا كتبتم كتابا فاكتبوها أوله وهي مفتاح كل كتاب أنزل
Ketahuilah sesungguhnya datang didalam keutama'an basmalah hadist yang banyak selain hadist mutaqodym, diriwayatkan dari Nabi SAW: sesungguhnya Nabi bersabda qalam yang pertama menulis pada perkara yaitu basmalah, maka bilamana kamu menulis pada kitab harus kamu tulis basmalah pada awalnya, basmalah itu kuncinya setiap kitab yang diturunkan
ولما نزل بها جبريل أعادها ثلاثا وقال هي لك ولأمتك فمرهم أن لا يدعوها في شيء من أمورهم فإني لم أدعها طرفة عين مذ نزلت على أبيك آدم وكذلك الملائكة
Tatkala jibryl turun dengan basmalah maka membalikan jibryl pada basmalah 3 kali, dan berkata jibryl: basmalah itu buat kamu dan umat kamu, maka harus kamu perintah pada umat, jangan meninggalkan basmalah dalam suatu perkara yang tetap dari perkaranya umat, maka sesungguhnya aku tidak meninggalkan pada basmalah sekejap matapun dari mulai diturunkan basmalah pada bapa kamu nabi Adam AS dan begitu juga malaikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar